Rabu, 02 Maret 2016

Bisnis Makanan Ringan Khas Daerah


Disusun oleh :
Rani Rizki Tajriani
15.11.8662

YOGYAKARTA

Teknik Informatika
2015/2016

BAB I
ABSTRAK

   Sekarang ini sangat banyak sekali berbagai peluang usaha makanan yang bisa kita manfaatkan menjadi sebuah bisnis, salah satunya menjalankan bisnis dengan membuka pusat oleh-oleh makanan khas daerah.
   Sudah menjadi kebiasaan setiap orang yang datang ke suatu kota, untuk membeli makanan khas daerah tersebut sebagai oleh-oleh bagi teman dan keluarganya. Dan jika anda berada ditempat kota wisata, tidak ada salahnya memanfaatkan peluang ini. Selain mudah di kelola, bisnis makanan khas daerah ini juga mudah mencari produsen makanan-makanan tersebut yang biasanya juga ada di kota yang sama.
   Membuka bisnis makanan khas daerah merupakan peluang bisnis makanan yang  cukup menggiurkan, keuntungan yang didapat sangat besar. Apalagi pada hari libur, omset penjualan akan melonjak tinggi dari pada hari sebelumnya.
BAB II
ISI
Peluang Usaha Makanan Khas Daerah Cukup Menggiurkan
   Untuk memulai bisnis makanan khas daerah ini sangat mudah, kita sebaiknya mencari tempat di sekitar perbatasan kota, terutama di kota wisata. Tetapi bisa juga didalam kota, keuntungannya adalah bila ada orang yang tergesa dan belum sempat mendapatkan oleh-oleh, mereka bisa membeli sambil memulai perjalanan pulang. Ruangan yang diperlukan juga tidak perlu terlalu luas. Cukup untuk display produk sebagai makanan yang memang besarnya tidak seberapa.
   Tetapi menyediakan display sangatlah penting, yaitu agar tampak bersih dan rapi agar pembeli tertarik membeli ditempat kita. Untuk mengisi stock makanan, kota bisa mencarinya langsung di tempat produsen atau ke distributor. Disarankan lebih baik membeli langsung dari produsen karena harganya lebih murah.
Kunci Sukses Memulai Bisnis Makanan Ringan Khas Daerah
   Menjalankan usaha makanan khas daerah ini harus ada strategi-strategi khusus atau kunci sukses dalam menjalankannya, agar mendapatkan hasil yang seperti diinginkan, sama halnya dengan usaha makanan ringan ini. Berikut ini kami akan memberikan beberapa kunci sukses dalam menjalankan usaha makanan ringan :
  1. Kelengkapan jenis makanan, makanan oleh-oleh yang kita sediakan akan lebih baik jika tidak hanya dari kota kita saja. Tetapi berbagai macam makanan dari kota lain dan makanan-makanan ringan serta minuman. Semakin banyak pilihan yang kita berikan kepada konsumen, kemungkinan besar konsumen untuk membeli.
  2. Lokasi, lokasi cukup berpengaruh terhadap tingkat penjualan kita. Semakin strategis lokasi kita, semakin banyak kemungkinan konsumen yang datang. Lokasi lain, bisa juga kita gunakan dalam menjalankan usaha makanan ini adalah seperti, stasiun, terminal dan bandara.
  3. Kerjasama, kerjasama bisa kita lakukan dengan berbagai biro perjalanan, hotel dan sarana transportsi yang berkaitan dengan pariwisata. Kerjasama ini akan menambah tingkat penjualan karena setiap tamu yang menggunakan jasa mereka akan diantar di tempat kita untuk mencari oleh-oleh.
Strategi Promosi Menjalankan Bisnis Makanan Ringan Ini

 Promosi merupakan salah satu cara pemasaran yang sangat baik. Namun, harus diiringi dengan promosi yang baik. Berikut ini ada beberapa strategi khusus promosi dalam menjalankan usaha makanan ringan ini.
  1. Atribut. Atribut yang bisa kita gunakan sebagai media promosi, diantaranya papan nama, spanduk dan penunjuk jalan yang menunjukan tempat usaha kita, yang juga berfungsi untuk membedakan pesaing.
  2. Brosur. Sebaiknya buat brosur. Brosur bisa kita sebarkan di hotel, tempat tujuan wisata, terminal, stasiun dan lain-lain.



Analisa Biaya & Prospek Keuntungan Bisnis Pusat Oleh-Oleh Makanan
Investasi Awal *
 Renovasi dan displayRp. 15.000.000,-
 Kulakan MakananRp. 10.000.000,-
TotalRp. 25.000.000,-
Total Pendapatan (Omset)Rp. 20.000.000,-
Pengeluaran Operasional
 Gaji2 PegawaiRp.1.400.000,-
 Kulakan & TransportasiRp.15.000.000,-
TotalRp.16.400.000,-
Keuntungan Per BulanRp. 3.600.000,-
Analisa BEP
Catatan : *Di Luar Biaya Sewa Tempat
   Itulah, ide peluang bisnis makanan yang menggiurkan untuk dijalankan. Terima kasih sudah membaca artikel ini, mudah-mudahan bisa membantu atau menginspirasi anda untuk menemukan peluang usaha, baik itu tentang peluang usaha makanan atau peluang usaha lainnya.
BAB III
REFRENSI

   http://wirabisnis.com/peluang-bisnis-makanan-pusat-oleh-oleh-makanan-khas.html


  


Tidak ada komentar:

Posting Komentar